Pidato tentang Ekonomi

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Ilahi Rabbi, atas berkat karunia dan rahmatnya kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal afiat. Tak lupa sholawat dan salam kita haturkan pada panutan junjungan alam Rasulullah Muhammad SAW.

Bapak kepala sekolah yang saya hormati serta bapak ibu guru yang saya hormati tak lupa kepada teman-teman seperjuangan yang saya cintai.

investama
Hadirin yang saya banggakan.

Ekonomia adalah bidang yang paling berkembang di seluruh dunia, bidang nomor satu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Tanpa ekonomi sebuah negara tidak akan berdiri dan tidak akan berkembang karena ekonomilah yang bisa memenuhi kebutuhan negara baik itu untuk rakyat semua ataupun pemerintah yang bergerak sebagai tempat dan alat tumbuhnya ekonomi.

Masalah ekonomia merupakan suatu masalah yang terdapat dalam kehidupan manusia yang saling mengikat. Secara umum ada dua pokok masalah ekonomi, yaitu pokok masalah ekonomi klasik dan pokok masalah ekonomi modern.

Masalah pokok ekonomi klasik adalah masalah yang dilihat dari sudut pandang sederhana. Pada dararnya tujuannya hanya satu yaitu kemakmuran. Cara memecahkan masalah ini yaitu dengan melakukan apapun yang dianggap perlu agar kemakmuran tersebut dapat dicapai. Adapun permasalahan ekonomi klasik digolongkan menjadi tiga macam yaitu masalah produksi, distribusi dan konsumsi.

Masalah produksi adalah permasalahan bagaimana memproduksi semua benda baik barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh orang banyak. Contohnya apabila di sebuah negara atau daerah sebagian besar penduduknya mengkonsumsi makanan pokok berupa nasi, maka produk beras akan diproduksi sebanyak-banyaknya. Contoh lain jika kendaraan roda dua sudah diajadikan hal yang pokok maka produksi motor akan banyak.

Yang kedua masalah distribusi yaitu bagaimana supaya benda pemuas kebutuhan bisa sampai kepada konsumen yang membutuhkan.yakni sebuah produksi tidak akan bertahan jika produksinya tidak sampai kepada tangan konsumen.

Ke tiga, masalah konsumsi yaitu apakah benar pemuas kenutuhan yang diproduksi memang benda yang dapat dimiliki oleh konsumen. Artinya barang yang diproduksi adalah barang yang tepat, yaitu memang barang yang benar-benar dibutuhkan, diinginkan, dan mapu dibeli oleh konsumen. Contohnya tidak ada menjual jas hujan di musim panas, itu akan terlihat konyol memang.

Hadirin yang saya banggakan

Itu adalah maslah ekonomi klasik yang terlihat sederhana tapi sangat penting terutama bagi calon-calon usahawan. Walaupun masalah tersebut terlihat sangat simple tapi dalam mempraktekannya kita butuh ilmu dan keahlian.

Selanjutnya, yaitu pokok masalah ekonomi modern. Masalah ekonomi modern merupakan masalah yang muncul pada sekarang ini, dimana banyak terjadi baik itu dalam system ekonomi manapun karena masalah ini bersifat universal dan saling keterkaitan satu sama lain. Masalah ini meliputi dua hal yaitu kelangkaan dan pilihan. Apa yang dimaksud dengan kelangkaan?

Kelangkaan adalah terbatasnya jumlah benda pemuas kebutuhan dari pada kebutuhan. Kelangkaan terjadi akibat ketidakpuasan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Akibat dari ini dapat menurunnya jumlah barang yang tersedia. Contohnya seperti batubara atau minyak bumi apabila terus dieksploitasi lama-kelamaan akan habis karena sifatnya yang terbatas. Jika manusia tidak mampu berhemat kebutuhan akan bahan bakar tidak dapat terpenuhi.

Pilihan merupakan merupakan pelengkap dari kelangkaan ini dapat menimbulkan masalah ekonomi yang muncul dalam empat pertanyaan mendasar tentang what, how, who, dan for whom. Semakin meningkatnya peradaban manusia yang diatandai dengan meningkatnya jumlah penduduk, perekonomian ilmu pengetahuan, dan teknologi, maka semakin luas dan rumit juga persoalan perekonomian yang dihadapi oleh manusia.

Permasalahan yang dihadapi tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan manusia saja tetapi juga tentang bagaimanamengatur dam pelayanu juataan orang yang memiliki kebutuhab dan gaya hidup yang selalu meningkat dan berubah-rubah. Dalam mengatasi rumitnya perekonomian di negara ini pemerintah dalam mengambil keputusan harus direncanakan dengan cermat.

Kita tahu tahun 2010 perdagangan bebas antar negara-negara yang sudah maju sudah dimulai. Sedangkan untuk negara-negara berkembang seperti Indonesia dimulai tahun 2020. Apakah kita siap menghadapi segala maslah yang akan terjadi nanti? Semuanya bisa kita atasi apabila mulai dari sekarang kita melangkah apa, bagaimana, siapa, untuk siapa, produk yang akan kita jual ke pada orang-orang bule.

Hadirin yang saya hormati.

Sekian ilmu yang dapat saya sampaikan karean saya pun masih haus dengan ilmu yang belum dapat saya gali. Semoga ini semua bermanfaat khususnya bagi diri saya sendiri dan umumnya untuk semuanya. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak atas perhatiannya dan mohon maaaf bila ada kata-kata yang salah yang kurang berkenan di hati karena kesempurnaan hanya milik Allah dan kesalahan datangnya dari saya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar